Jeff & Co | Camera Shop


.

 

 Mal Ciputra Lt 3 No 33
Jl. S. Parman - Grogol
Jakarta Barat
Open Mon-Sat: 10.30-21.00
Sunday: Closed

News
--------- NIKON D750 BODY NOW ONLY Rp 18.950.000 FREE 16Gb + LCD PROTECTOR -------- NEW PACKAGE SONY A6000 KIT 35mm f/1.8OSS Rp 9.999.000 FREE 16Gb + UV FILTER + LCD PROTECTOR + BAG --------- NIKON J5 KIT 1030 ONLY Rp 4.799.000 FREE SD 16Gb + SCREEN PROTECTOR & BAG --------- CANON M10 KIT 1545 ONLY Rp 5.250.000 & GET PIKACHU SOUVENIR --------- SONY A6000 KIT 1650OSS ONLY Rp 7.999.000 FREE 16Gb + LCD PROTECTOR + BAG ---------- SONY A7II KIT E 85/1.8 ONLY Rp 21.999.000 FREE SD 16Gb + LCD PROTECTOR + UV FILTER + BAG ---------- FUJI XA10 KIT 1650 GET CASHBACK Rp 500.000 BCOME Rp 5.799.000 + SD 16Gb ---------
      
You are here: Home

I’m New To Fuji … what should I do ?

E-mail Print PDF

http://www.motoyuk.com/im-new-to-fuji-what-should-i-do/

Sengaja di tulis buat teman-teman yang (ngaku-nya) keracunan Fuji dan akhirnya membeli. Ini adalah beberapa hal yang saya lakukan dengan Fuji X Pro1 milik saya. Siapa tahu bisa digunakan.

Operasional Exposure & Warna

Fuji tidak memiliki menu / tombol untuk memilih mode, misalnya Av, Tv atau manual. Tetapi Fuji memusatkannya pada kontrol luar :

  • Untuk mengatur aperture, putar ring aperture yang ada di lensa. Angka yang dipilih adalah angka aperture yang akan digunakan. A adalah untuk Auto aperture – alias nilai aperture dipilih oleh kamera.
  • Apabila lensa mu adalah lensa zoom (misalnya 18-55) maka tidak ada angka di ring aperture lensa ini. Ring ini merupakan ring yang berputar 360 derajat – setiap putaran memberikan sinyal pada kamera untuk mengubah aperture 1/3 stop. So, putar dan lihat aperture yang terbentuk di viewfinder / LCD. Ada tombol tersendiri untuk memilih Auto (A).
  • Di bagian atas kamera ada pilihan shutter speed. Kembali A adalah untuk Auto.
  • Jadi apabila :
    •  
      • Aperture dipilih, shutter speed Auto = Mode Av
      • Shutter speed dipilih, aperture Auto = Mode Tv
      • Kedua aperture dan shutter speed dipilih = Mode M
      • Kedua aperture dan shutter speed Auto = Mode P

fuji xt1 1024x768 Im New To Fuji ... what should I do ?

Selain itu ada tombol untuk kita memilih Exposure Compensation (EV) – dimana Ev negatif artinya akan mengkompensasi metering dan membuat foto lebih gelap, dan sebaliknya.

ISO dapat di atur di menu atau di Fn button. Kebanyakan kamera fuji X series mampu menahan noise sampai dengan iso 3200 (color) dan iso 6400 (BW). So bisa diatur agar auto iso mentok di angka tersebut di atas.

White Balance milik Fuji relatif akurat. Sehingga kita bisa gunakan saja Auto WB. Sementara untuk ukuran foto bisa kita gunakan JPEG dengan ukuran Fine. RAW apakah masih diperlukan? Relatif, tapi sampai sekarang belum ada converter RAW yang memuaskan untuk file fuji yang unik.

Untuk memberikan tonal, maka jika di Canon punya Picture Style, maka di Fuji dikenal Film Simulation. Semacam picture style juga, tetapi kiblatnya pada tonal warna film jaman fuji klasik. Menarik sekali, beberapa rekomendasi :

  •  
    • Provia : ini adalah standard film Fuji, bisa digunakan sebagai all round film simulation
    • Velvia : ini adalah film Fuji yang selalu terkenal untuk pemotretan lanskap
    • Astia & ProNeg : keduanya (tiga lebih tepatnya) sangat cocok untuk skin tone manusia. So silahkan pilih ini untuk pemotretan model
    • BW + Red Filter : saya suka dengan BW yang kontras, oleh sebab itu saya gunakan BW + red filter supaya lebih kontras.

 

Upgrading

Lain dengan produsen kamera lain yang senantiasa memunculkan body kamera baru untuk fitur yang baru, maka Fuji berusaha melalui firmware meningkatkan kemampuan dari kamera nya. Sudah banyak sekali firmware yang di launching – bisa di cek di sini. Terakhir kali ini misalnya dia membuat auto ISO bisa di set tidak hanya maksimalnya, tetapi juga shutter speed maksimalnya.

Fuji memiliki 2 jenis firmware : Body dan Lensa.

Comparison Im New To Fuji ... what should I do ?

Untuk body bisa di download dan di aplikasikan segera. Sedangkan untuk lensa, walau informasi di simpan dalam kamera, Fuji membutuhkan lensa ybs sedang terpasang untuk melakukan update firmware lensa ini.

Firmware ini powerfull. Terakhir kali misalnya lens firmware digunakan untuk mempercepat sistem AF dan Image Stabilizer dari Fuji X Pro1, XE1 dan XE2. Sesuatu yang sangat jarang dilakukan oleh produsen lain. Seingat saya Canon baru 1 kali upgrade firmware setelah sekian lama saya menggunakan nya.

So, langkah pertama setelah charge batere penuh adalah pergi ke website Fuji, download, dan siap siap upgrade firmware body dan lensa setelahnya.

Other setting

Selain setting diatas yang merupakan basic utama, kita bisa melakukan banyak setting. Berikut beberapa setting yang saya gunakan :

  1. Fuji memiliki noise reduction yang lumayan kuat, sehingga beberapa detil bisa jadi hilang karenanya. Oleh sebab itu saya setting untuk Noise Reduction (NR) : -1
  2. Untuk masalah sharpness, color, shadow dan highlight semua saya letakkan dalam posisi nol

Bagi yang menggunakan kamera fuji baru – misalnya XE2 dan XT1, maka perlu juga mengaktifkan dan update LMO (Lens Modulation Optimizer) melalui lens firmware. LMO adalah algoritma di dalam kamera yang mampu mengatasi kelemahan tiap lensa secara khusus, menggunakan data dari lensa tersebut. Diantaranya adalah masalah sharpness dan chromatic abberations.

Tentunya masih banyak setting lain, misalnya shortcut dan quick menu. Tapi paling tidak yang saya tulis ini adalah setting awalnya dulu. Have fun.

 




.
Mal Ciputra Lt 3 No 33
Jl. S. Parman - Grogol
Jakarta Barat
Telp. (021)5695 4888
HP. 0857 1020 7711
Open Mon-Sat: 10.30-21.00
Sunday: Closed
email : info@jeffnco.com
website : www.jeffnco.com
 
W3Schools TOKOPEDIA

W3Schools INSTAGRAM

WA Sales Support

whatsapp_1.jpg
SALES 1
0857 1020 7711

    
   

Partners Link